Cari dengan google

7 Des 2012

Bunga belimbing wuluh alternatif obat batuk yang alami.



Bunga belimbing WULUH alternatif obat batuk yang alami.  

Bagaimanakah cara pembuatannya?
Semua orang pasti pernah menglami sakit yang diakibatkan kekebalan tubuh menurun atau situasi yang tidak dapat diterima oleh tubuh. Kerap kali demi memulihkan kesehatan kebanyakan orang pergi ke dokter untuk berobat. Namun tidak halnya dengan orang yang kurang mampu ataupun orang yang lebih menyukai pengobatan secara alami artinya lebih menyukai memilih obat yang langsung dari alam misalnya seperti kunyit yang dapat memperbaiki lambung yang sudah rapuh karena keseringan dalam mengkonsumsi makanan pedas.  Tidak hanya kunyit banyak lagi obat alami yang sering digunakan sebagai alternatif pengobatan alami. Seperti misalnya belimbing wuluh. Tahukah anda belimbing wuluh? Ya belimbing wuluh merupakan buah yang asam berwarna hijau yang bernama latin (averrhoa bilimbi). Tanaman ini memiliki kandungan kimia antara lain saponin, tanin, glukosid, kalsium oksalat, sulfur, asam format, peroksida, dan kalium sitrat.  Dari kandungan tersebut belimbing wuluh dipercaya dapat mengatasai banyak penyakit seperti obat gondongan, sebagai obat pegal linu, rematik, sariawan, panu, darah tinggi, dan batuk. Seperti halnya di derah Gianyar yaitu di Br. Tegallinggah, Desa Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar yang  sebagian besar penduduknya selalu menggunakan belimbing wuluh sebagai alternatif pengobatan salah satu penyakit yaitu batuk. Namun, yang digunakan bukan buahnya melainkan bunganya yang berwarna merah. Bagaimanakah cara pembuatan obat batuk dengan bunga belimbing wuluh.  Ada beberapa tahapan pembuatannya antara lain :  dipilih bunga yang berwarna merah dan masih segar, bunga direbus dan terakhir disaring.
Yang pertama memilih bunga yang berwarna merah dan masih segar. Ini dipercaya karena apabila kita memilih bunga yang sudah berwarna agak hitam dan kurang segar kandungan zat yang ada di dalamnya pastinya sudah hilang dan takutnya nanti tidak malah menjadi obat tetapi menjadi penyakit. Selanjutnya adalah merebus bunga belimbing wuluh dengan air hangat. Air hangat yang digunakan tentunya harus memiliki aturan yang telah ditetapkan. Biasanya 7 kuntum bunga belimbing wuluh dicampur dengan 1 gelas air putih dan keduanya direbus hingga airnya mendidih. Setelah airnya mendidih dilakukan tahap yang terakhir yaitu disaring. Tahap ini Biasanya air yang sudah selesai direbus akan berwarna merah dan siap untuk diminum.
Itulah beberapa tahapan untuk membuat obat batuk alami dengan menggunakan daun belimbing wuluh. Yang pertama yaitu dipilih bunga yang berwarna merah dan masih segar, bunga direbus dan terakhir disaring. Semoga dengan tulisan ini kita bisa sadar bahwa tanaman disekitar khususnya bunga belimbing wuluh memiliki khasiat yang cukup bagus untuk pengobatan khususnya batuk.
“””””””Selamat mencoba””””””


Tidak ada komentar:

Posting Komentar