Cari dengan google

25 Des 2012

Terompet dan Anak-anak Jelang Tahun Baru


Terompet dan Anak-anak Jelang Tahun Baru
Tahukah kalian terompet? Ya terompet adalah alat tiup yang digunakan dalam iringan musik, namun dalam hal ini terompet yang dimaksud bukanlah itu melainkan  terompet yang digunakan dalam memeriahkan hari-hari tertentu yang biasanya banyak digemari oleh anak-anak seperti perayaan menjelang tahun baru yang dijual di pinggir-pinggir jalan hampir disetiap kota.

     
Terompet Naga di Senggol Gianyar.
Salah satu contohnya dapat dilihat di Senggol Gianyar. Pada saat itu saya hanya ingin jalan-jalan dan sekedar melihat keramaian senggol. Di sana saya melihat banyaknya penjual terompet bahkan hampir disetiap ujung pasar terdapat penjual terompet. Terompet yang diperjualkan dalam berbagai bentuk, ada yang berbentuk naga, biasa, dan kupu-kupu sehingga para pengunjung khususnya anak-anak sangat tertarik untuk memiliki salah satu bentuk terompet tersebut dan pada saat itu kebetulan saya melihat salah satu penjual terompet yang diserbu oleh banyaknya anak-anak yang ingin membeli, bahkan ada yang menangis karena tidak dibelikan oleh orang tuanya.
Padahal, cara pembuatannya cukup sederhana yang dibuat dari karton tebal yang digunakan untuk membentuk corong, diusahakan lubang kecil di bagian pangkal corong lebar kurang dari setengah meter. Kemudian potonglah ujung sedotan membentuk huruf "v" gunakan gunting yang tajam. Setelah itu peganglah ujung sedotan yang telah di potong dengan ibu jari dan telunjuk.tekan ujngnya agar bentuknya rata. Dan potong ujung sedotan yang telah di tekan.masukkan dalam lubang kecil pada corong.cobalah terompet tersebut. Yang terakhir adalah letakkan di mulut dan tiuplah.rasakan getarannya pada saat memainkan sebuah nada. Apabila sudah bagus untuk menghiasnya digunakan kertas jagung dengan tipe kegemaran, misalnya yang seperti sekarang lagi popular adalah terompet dalam bentuk naga
Terompet ini dijual dalam berbagai harga mulai 5.000 rupiah hingga mencapai 30.000 ribu rupiah. Seperti misalnya terompet naga yang dijual dengan harga 15.000. terompet ini dijual dengan harga 15.000 karena tingkat kerumitan pembuatannya dan lain dengan terompet yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar